Blog
Pengertian Dan Ciri Ciri Pendidikan Luar Sekolah (Pls) (Penjelasan Terlengkap)
- 21 November 2018
- Posted by: admin
- Category: Tak Berkategori
![]() |
pengertian dan ciri-ciri pendidikan luar sekolah |
Pendidikan luar sekolah (PLS) sesungguhnya sudah ada sebelum pendidikan formal lahir. PLS sesungguhnya bukan merupakan hal yang gres dalam kehidupan manusia. PLS berjalan sesuai dengan peradaban insan yang diwujudkan melalui aneka macam kegiatan insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini beberapa pendapat para jago mengenai pengertian pendidikan luar sekolah.
Pengertian Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
1. P. H. Coombs
P. H. Coombs menyatakan bahwa pendidikan luar sekolah (PLS) yaitu setiap kegiatan pendidikan yang terorganisasi, sistematis dan dilaksanakan di luar sistem pendidikan formal, dilakukan secara berdikari atau merupakan bab penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk menunjukkan pelayanan kepada target didik dalam mencapai tujuan belajarnya.
2. Kindervatter
Kindervatter mengemukakan bahwa pendidikan luar sekolah (PLS) sebagai suatu metode penerapan kebutuhan, minat orang sampaumur dan perjaka putus sekolah di negara berkembang, membantu dan memotivasi mereka untuk mendapat keterampilan guna menyesuikan contoh tingkah laris dan acara yang akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan standar hidup.
3. Komunikasi Pembaharuan Nasional Pendidikan
Pendidikan luar sekolah (PLS) yaitu setiap kesempatan yang ditandai adanya komunikasi yang teratur dan terarah, di luar sekolah dengan tujuan memperoleh informasi, pengetahuan, latihan maupun bimbingan sesuai dengan usia dan kebutuhan kehidupan, untuk berbagi keterampilan, perilaku dan nilai-nilai yang memungkinkan baginya menjadi peserta-peserta yang efisien dan efektif dalam lingkungan keluarga, pekerjaan bahkan lingkungan masyarakat dan negaranya.
Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan sanggup disimpulkan bahwa pendidikan luar sekolah (PLS) yaitu semua kegiatan pendidikan yang terorganisasi, sistematis dan dilaksanakan di luar sistem pendidikan formal, guna menyesuaikan contoh tingkah laris dan acara yang akan meningkatkan prosuktivitas dan meningkatkan standar hidup sesuai dengan usia dan kebutuhannya.
Ciri-ciri Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Berdasarkan sejarah perkembangan dan banyaknya acara yang dilaksanakan, berdasarkan Joesoef ciri-ciri pendidikan luar sekolah (PLS) yaitu sebagai berikut:
- macam bentuk PLS tergantung macam tujuan pendidikan
- keterbatasan PLS yang dipandang sebagai pendidikan formal dan dipandang sebagai embel-embel bentuk-bentuk pendidikan formal
- tanggungjawab penyelenggaraan PLS dibagi oleh pengawasan umum/masyarakat, pengawasan langsung atau kombinasi keduanya
- beberapa forum PLS didisiplinkan secara ketat terkait hal waktu pengajaran, teknologi modern, kelengkapan dan buku-buku bacaan
- metode pengajaran majemuk dari tatap muka atau guru dan kelompok-kelompok berguru hingga penggunaan audio televisi, unit latihan keliling, demonstrasi, kursus-kursus korespondensi maupun alat-alat bantu visual
- penekanan pada PLS terkait penyebaran acara teori dan praktek secara relatif
- tingkat/jenjang sistem PLS terbatas pada kredensial, yaitu proses pembentukan kualifikasi profesional yang berlisensi, yang diberikan kepada anggota atau organisasi, dengan menilai latar belakang dan legitimasi
- guru-guru dilatih secara khusus untuk kiprah tertentu atau hanya memiliki kualifikasi profesional dan tetap bukan termasuk identitas guru
- pencatatan terkait pemasukan murid, guru dan kredensial pimpinan, kesuksesan latihan dan efek PLS terhadap peningkatan produksi ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan pendapatan peserta
- pemantapan bentuk PLS memiliki dampak pada produksi ekonomi dan perubahan sosial dalam waktu singkat daripada kasus pendidikan formal sekolah
- sebagian besar acara PLS dilaksanakan oleh remaja dan orang-orang sampaumur secara terbatas pada kehidupan dan pekerjaan
- peranan PLS meliputi pengetahuan, keterampilan, dan efek pada nilai-nilai acara dalam rangka menuju pembangunan nasional.
Berdasarkan klarifikasi di atas, bahwa untuk sanggup menjelaskan karakteristik dari pendidikan luar sekolah (PLS), terlebih dahulu Anda harus memahami definisi dari pendidikan sekolah beserta cirinya dan kemudian membandingkannya dengan PLS.