Blog
Inilah Rumus Laku Cantik Jualan Di Facebook
- 25 November 2018
- Posted by: admin
- Category: Tak Berkategori
Tidak ada Komentar
ZONAPENDIDIKAN – Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya memakai Facebok Organik (TANPA FB ADS) untuk jualan. Untuk memaksimalkan Facebook Gratisan dalam jualan kita harus memegang Prinsip 3C. Apa itu itu 3C?
1.CONTENT
2.CONVERSATION
3.CONSISTENT
Oke kita bahas satu – persatu.
1. CONTENT
Silahkan lakukan survey kecil-kecilan di Facebook Anda masing-masing, tulislah postingan pertanyaan “Apa Alasan Anda memakai Facebook?”
Saya sudah melakukannya, dan jawabannya cukup variatif, diantaranya :
– Menjalin hubungan komunikasi dengan mitra atau saudara
– Mencari informasi atau kabar yang paling trend
– Sekedar hiburan dan sarana mengungkapkan perasaan
– Cari ilmu pengetahuan yang banyak di share
– Kepo-in kawan, lawan bahkan mantan, hehe
Abaikan poin terakhir yah, walau kadang ada benarnya. Hehehe
Tidak ada yang menyampaikan bahwa mereka facebook-an untuk mencari barang untuk di BELI!
Kaprikornus kira-kira apakah efektif berjualan di Facebook?
EFEKTIF dong, kalau engga ya ngga akan kita bahas disini. hehe
Hanya saja tidak dapat jualan brutal di setiap postingan yang kita miliki, ada tekniknya ada polanya. Facebook sendiri lebih efektif dipakai sebagai sarana pengumpul prospek dibanding jualan langsung.
Oke masih dapat ngikutin yah?
Lalu bagaimana caranya biar prospek mau berkumpul di facebook kita?
Jawabannya yakni CONTENT,
Apa yang kita dapat sediakan di Facebook kita biar mereka mau berkumpul?
Apakah sebab kita suka sharing yang lucu, inspiratif atau bermanfaat. Jika kita dapat sediakan gulanya, otomatis semut akan berkumpul dengan mudah.
Gulanya itu yakni konten postingan yang menarik, maka calon prospek kita akan tiba ramai-ramai ke facebook Anda.
2.CONVERSATION
Kedua yakni conversation, percakapan atau interaksi. Satu hal yang harus kita pahami yakni Facebook yakni social media bukan selling media.
Kaprikornus kembali ke nature-nya facebook, kita harus mempergunakannya untuk bersosialisasi. Kita harus paham bahwa yang kita juali ini manusia, jadi wajib kita manusiakan.
Seringkali Anda mungkin bertanya kenapa postingan Anda selalu sepi komentar dan like apalagi share? Pertanyaannya yakni apakah Anda pernah menawarkan komentar dan like di status orang lain?
Berikan komentari terbaik Anda di status mereka. Like dan love kan gratis, maka berikan sebanyak banyaknya. Kalau memang postingan mereka inspiratif jangan ragu untuk share sesekali. Jangan lupa tandai nama mereka ketika menawarkan komentar untuk menawarkan kesan lebih bersahabat.
Lalu kapan dong jualannya?
Nah aneka macam yang belum memahami bahwa interaksi ini pun kepingan dari promosi Anda. Dengan interaksi, kita membangun kepercayaan, dan ketika itu sudah terbentuk, jualan akan semudah update status.
Ingat selalu prinsip ini baik-baik, tidak ada interaksi maka tidak ada interaksi.
Mulai kini silahkan Anda targetkan berapa interaksi yang akan Anda bangkit perhari. Berapa status yang akan Anda komentari dan jam berapa Anda lakukan hal tersebut.
Kebayang yah?
3.CONSISTENT
Prinsip berikutnya yang tak kalah penting yakni KONSISTEN.
Prinsip ini yang dilakukan para atlit dan pejuang perang untuk menang. Begitu juga prinsip ini harus dilakukan oleh seorang pebisnis yang juga ingin menang di dunia yang penuh persaingan kini.
Karena sekelas mastah sekalipun, kalau ia tidak konsisten maka akan dikalahkan newbie yang tekun dan konsisten dalam berguru dan action.
Selain alasan diatas, ada juga system facebook yang memang mengharuskan Anda untuk konsisten. Algoritmanya yang berjulukan edgerank menyebabkan status Anda hanya akan muncul di timeline kawan-kawan Anda yang konsisten interaksi.
Kaprikornus tanpa konsisten, maka postingan Anda hanya akan dilihat beberapa orang saja meski teman Anda sudah ribuan.
Maka prinsip ini sangat penting untuk diterapkan dalam teknik pemasaran memakai Facebook. Anda harus rutin menciptakan postingan bermanfaat, konsisten interaksi dengan like, reply, comment atau share.
Penuhi 3 prinsip di atas maka proses promosi Anda di Facebook akan semakin efektif.
Referensi : Hermas Puspito.2018.Mau Ebook Gratis Dapat Jutaan dari Facebook Tanpa FB Ads?