Daftar Nama Obat, Dosis, Kegunaan Dan Efek Samping - Bimbel Masuk PTN, Bimbel Terbaik untuk SBMPTN, Karantina Simak UI, UGM, UNDIP, Bimbel Les Supercamp Bimbel LES PRIVATE UN SD, SMP, SMU, Bimbel Internasional, Masuk Fakultas UI, Bimbel Masuk Kedokteran, Dijaminan Masuk PTN

Blog

DAFTAR NAMA OBAT, DOSIS, KEGUNAAN DAN EFEK SAMPING

 

 

Daftar Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping. Sakit memang suatu kondisi yang sangat tidak diharapkan. Salah satu upaya penyembuhan dengan memakai obat, baik obat tradisoonal maupun obat modern. Kali ini sengaja admin menyebarkan sarana untuk mencar ilmu jenis-jenis obat modern. Namun sebelumnya, perlu diingatkan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini beberapa tips cara hidup sehat biar terhindar dari banyak sekali macam penyakit.
1. Ketahui kondisi kesehatan diri sendiri ketika ini
2. Lakukan kegiatan fisik (olahraga)
3. Pilih masakan yang tepat
4. Hindarilah kebiasaan buruk
5. Mengelola (hindari) stres
6. Istirahat cukup dan teratur
7. Perbanyak minum air putih
8. Menjaga kebersihan
9. Tidur yang cukup
10. Meditasi
11. Makan lebih banyak buah
12. Makan lebih banyak sayuran
13. Pilih masakan berwarna cerah sebagai antioksidan
14. Kurangi masakan olahan dan masakan dalam kaleng
15. Sesekali berjalan dengan bertelanjang kaki
16. Jauhi orang-orang dengan teladan pikir negatif

 

17. Bersihkan diri anda sendiri juga dari hal yang negatif

Salah saru prinsip pengobatan sendiri sering dilakukan oleh masyarakat yaitu penggunaan obat secara rasional. Ada yang dimaksud  penggunaan obat secara rasional yaitu apabila Pasien mendapatkan obat yang sesuai dengan kebutuhannya, periode waktu yang adekuat, serta harga yang terjangkau . Sedangkan Kriteria penggunaan obat rasional yaitu :
a) Tepat diagnosis Obat diberikan sesuai dengan diagnosis. Apabila diagnosis tidak ditegakkan dengan benar maka pemilihan obat akan salah.
b) Tepat indikasi penyakit Obat yang diberikan harus yang sempurna bagi suatu penyakit.
c) Tepat pemilihan obat Obat yang dipilih harus mempunyai imbas terapi sesuai dengan penyakit.
d) Tepat takaran Dosis, jumlah, cara, waktu dan usang pinjaman obat harus tepat.
Apabila salah satu dari empat hal tersebut tidak dipenuhi mengakibatkan imbas terapi tidak tercapai.
1) Tepat Jumlah Jumlah obat yang diberikan harus dalam jumlah yang cukup.
2) Tepat cara pinjaman Cara pinjaman obat yang sempurna yaitu Obat Antasida seharusnya dikunyah dulu gres ditelan. Demikian pula antibiotik dihentikan dicampur dengan susu lantaran akan membentuk ikatan sehingga menjadi tidak sanggup diabsorpsi sehingga menurunkan efektifitasnya.
3) Tepat interval waktu pinjaman Cara Pemberian obat hendaknya dibentuk sederhana mungkin dan simpel biar gampang ditaati oleh pasien. Makin sering frekuensi pinjaman obat per hari (misalnya 4 kali sehari) semakin rendah tingkat ketaatan minum obat. Obat yang harus diminum 3 x sehari harus diartikan bahwa obat tersebut harus diminum dengan interval setiap 8 jam.
4) Tepat usang pinjaman Lama pinjaman obat harus sempurna sesuai penyakitnya masing – masing. Untuk Tuberkulosis usang pinjaman paling singkat yaitu 6 bulan, sedangkan untuk kusta paling singkat 6 bulan. Lama pinjaman kloramfenikol pada demam tifoid yaitu 10 – 14 hari.
e. Tepat evaluasi kondisi pasien
Penggunaan obat diubahsuaikan dengan kondisi pasien, antara lain harus memperhatikan: kontraindikasi obat, komplikasi, kehamilan, menyusui, lanjut usia atau bayi.
f. Waspada terhadap imbas samping
Obat sanggup menjadikan imbas samping, yaitu imbas tidak diinginkan yang timbul pada pinjaman obat dengan takaran terapi, menyerupai timbulya mual, muntah, gatal-gatal, dan lain sebagainya.
g. Efektif, aman, mutu terjamin, tersedia setiap saat, dan harga terjangkau. Untuk mencapai kriteria ini obat dibeli melalui jalur resmi.
h. Tepat tindak lanjut (follow up)
Apabila pengobatan sendiri telah dilakukan, jikalau sakit berlanjut konsultasikan ke dokter.
i. Tepat penyerahan obat (dispensing)
Penggunaan obat rasional melibatkan penyerah obat dan pasien sendiri sebagai konsumen. Resep yang dibawa ke apotek atau daerah penyerahan obat di Puskesmas akan dipersiapkan obatnya dan diserahkan kepada pasien dengan informasi yang tepat.
j. Pasien patuh terhadap perintah pengobatan yang diberikan
Ketidakpatuhan minum obat terjadi pada keadaan berikut : – Jenis sediaan obat bermacam-macam – Jumlah obat terlalu banyak – Frekuensi pinjaman obat per hari terlalu sering – Pemberian obat dalam jangka panjang tanpa informasi – Pasien tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai cara memakai obat – Timbulnya imbas samping
Obat yaitu zat kimia yang bersifat racun, namun dalam jumlah tertentu sanggup memperlihatkan imbas mengobati penyakit. Obat sanggup dibagi menjadi 5 (lima) golongan yaitu :
1.    Obat bebas yaitu obat yang dijual bebas di pasaran dan sanggup dibeli tanpa resep dokter. Pada kemasan dan etiket obat bebas, tanda khusus berupa lingkaran hijau ( TC 396) dengan garis tepi berwarna hitam.
2.    Obat bebas terbatas yaitu obat yang sesungguhnya termasuk obat keras tetapi masih sanggup dijual atau dibeli bebas tanpa resep dokter, namun penggunaannya harus memperhatikan informasi yang menyertai obat dalam kemasan. Pada kemasan dan etiket obat bebas terbatas terdapat tanda khusus berupa lingkaran biru (TC 308) dengan garis tepi berwarna hitam.
3.    Obat keras yaitu obat yang hanya sanggup dibeli di apotek dengan resep Dokter. Obat keras mempunyai tanda khusus berupa lingkatan bundar merah ( TC 165) dengan garis tepi berwarna hitam dan abjad K ditengah yang menyentuh garis tepi.
4.    Obat bukan golongan narkotik yang mempunyai kegunaan mempengaruhi susunan syaraf pusat. Obat ini sanggup mengakibatkan perubahan khas pada acara mental dan perilaku. Obat golongan ini hanya boleh dijual dengan resep dokter dan diberi tanda abjad K dalam lingkaran merah dengan garis tepi berwarna hitam. Contoh : Diazepam, Phenobarbital
5.    Obat yang berasal dari turunan flora atau materi kmia yang sanggup mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri dan menjadikan ketergantungan. Obat ini hanya sanggup diperoleh dengan resep dari dokter. Contoh: Morfin, Petidin
Pahami informasi yang terdapat pada keemasan obat. Pada umumnya informasi obat yang dicantumkan dalam kemasan yaitu :
1. Nama obat Nama obat pada kemasan terdiri dari nama dagang dan nama zat aktif yang terkandung didalamnya. Contoh : – Nama Dagang : Panadol – Nama Zat Aktif : Parasetamol/ Acetaminophen
2. Komposisi obat Informasi ihwal zat aktif yang terkandung didalam suatu obat, sanggup merupakan zat tunggal atau kombinasi dari banyak sekali macam zat aktif dan materi tambahan lain.
3. Indikasi Informasi mengenai khasiat obat untuk suatu penyakit.
4. Aturan pakai Informasi mengenai cara penggunaan obat yang mencakup waktu dan berapa kali obat tersebut digunakan.
5. Peringatan perhatian Tanda Peringatan yang harus diperhatikan pada setiap kemasan obat bebas dan obat bebas terbatas.
6. Tanggal Daluwarsa Tanggal yang memperlihatkan berakhirnya masa kerja obat.
7. Nama Produsen Nama Industri Farmasi yang memproduksi obat.
8. Nomor batch/lot Nomor arahan produksi yang dikeluarkan oleh Industri Farmasi.
9. Harga Eceran Tertinggi Harga jual obat tertinggi yang diperbolehkan oleh pemerintah.
10. Nomor pendaftaran Adalah tanda ijin edar absah yang diberikan oleh pemerintah.
Cara Pemilihan obat
Hal yang harus diingat dalam pemilihan obat.
1. Alergi atau reaksi yang tidak diinginkan yang pernah dialami terhadap obat tertentu.
2. Wanita dalam kondisi hamil atau merencanakan untuk hamil, lantaran beberapa obat sanggup mempengaruhi janin sehingga sanggup mengakibatkan cacat pada bayi.
3. Wanita yang sedang menyusui, alasannya yaitu beberapa obat sanggup masuk ke dalam air susu ibu dan menjadikan imbas yang tidak diinginkan pada bayi.
4. Diet yang sedang dilakukan contohnya minum obat diet, atau diet rendah garam, atau diet rendah gula, mengingat selain mengandung materi mempunyai kegunaan obat juga mengandung materi tambahan lain menyerupai pemanis.
5. Sedang minum obat lain.
Cara Mendapatkan Obat
Masyarakat sanggup memperoleh pelayanan kesehatan dan obat dari rumah sakit, puskesmas, pustu dan poskesdes atau membeli obat sendiri di apotek atau toko obat berizin. Pada waktu mendapatkan obat dari petugas kesehatan di rumah sakit, puskesmas, apotek, atau toko obat, diwajibkan melaksanakan investigasi fisik obat dan mutu obat yang mencakup :
1. Jenis dan jumlah obat
2. Kemasan obat
3. Kadaluarsa obat
4. Kesesuaian etiket mencakup nama, tanggal, dan hukum pakai.
Informasi umum yang wajib/harus diketahui oleh pasien sebelum minum obat, yaitu :
1. Cara minum obat sesuai proposal yang tertera pada etiket atau brosur. Penggunaan obat tanpa petunjuk pribadi dari dokter hanya boleh untuk penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas serta untuk duduk perkara kesehatan yang ringan.
2. Waktu minum obat , sesuai dengan waktu yang dianjurkan :
a) Pagi, berarti obat harus diminum antara pukul 07.00 – 08.00 WIB.
b) Siang, berarti obat harus diminum anara pukul 12.00 -13.00 WIB.
c) Sore, berarti obat harus diminum antara pukul 17.00-18.00 WIB.
d) Malam, berarti obat harus diminum antara pukul 22.00-23.00 WIB.
3. Aturan minum obat yang tercantum dalam etiket harus di patuhi. Bila tertulis :
a) 1 (satu) kali sehari, berarti obat tersebut diminum waktu pagi hari atau malam hari, tergantung dari khasiat obat tersebut.
b) 2 (dua) kali sehari, berarti obat tersebut harus diminum pagi dan malam hari.
c) 3 (tiga) kali sehari, berarti obat tersebut harus diminum pada pagi, siang dan malam hari.
d) 4 (empat) kali sehari, berarti obat tersebut haus diminum pada pagi, siang, sore dan malam hari.
e) Minum obat hingga habis, berarti obat harus diminum hingga habis, biasanya obat antiotika.
4. Penggunaan obat bebas atau obat bebas terbatas tidak dimaksudkan untuk penggunaan secara terus – menerus.
5. Hentikan penggunaan obat apabila tidak memperlihatkan manfaat atau menjadikan hal–hal yang tidak diinginkan, segera hubungi tenaga kesehatan terdekat.
6. Sebaiknya tidak mencampur banyak sekali jenis obat dalam satu wadah.
7. Sebaiknya tidak melepas etiket dari wadah obat lantaran pada etiket tersebut tercantum cara penggunaan obat dan informasi lain yang penting.
8. Bacalah cara penggunaan obat sebelum minum obat, demikian juga periksalah tanggal kadaluarsa.
9. Hindarkan memakai obat orang lain walaupun tanda-tanda penyakit sama.
10. Tanyakan kepada apoteker di apotek atau petugas kesehatan di poskesdes untuk mendapatkan informasi penggunaan obat yang lebih lengkap.

 

Daftar Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping. Saat sakit kita biasanya memang berobat ke dokter. Namun ada kalanya, kita berpikir untuk memakai obat tertentu tanpa memakai resep dokter. Itulah sebabnya kita mesti tahu nama jenis obat beserta takaran hukum penggunaan, serta manfaat atau kegunaan dan juga imbas samping. Pada posting kali ini admin mencoba mensharekan Daftar Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping yang admin kutip dari laman http://www.alodokter.com/. Detail Obat silahkan kunjungi Laman tersebut melalui tautan yang tersedia

 

Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping
Demikian info ihwal Daftar Nama Obat, Dosis, Kegunaan dan Efek Samping. Semoga bermanfaat.

 

= Baca Juga =